Sabtu, 08 Oktober 2011

Cara Melakukan Live CD Pada OS Linuk

 Kali ini saya mau bagi bagi ilmu tanpa bosan bosan nya kepada para pencari ilmu...
Ilmu yang mau saya bagi kan kali ini adalah Cara melakukan Live CD atau dengan kata lain kita menjalankan sebuah sistem operasi pada sebuah PC namun kita tidak melakukan Penginstalan.
Kita hanya memakai CD sebagai pengganti HardDisk tempat sistem operasi tersebut beroperasi..
Namun di bawah ini saya hanya membagikan Live CD dengan OS linuk,sebab saya hanya pernah mencoba dengan OS Linuk ,Linuk Ubuntu juga bisa ..
Melakukan Live CD tak akan merusak operating system kita yang ada di HardDisk C..
 Nah bagi kamu yang ingin mencoba kita langsung saja ke materi :
step 1 -Pertama siap kan Kaset Linuk nya
step2 -Hidupkan komputer anda dan masuk ke menu BIOS ..
! bagi yang belum tahu ! (untuk masuk ke menu bios biasa nya saat pertama komputer di hidup kan,akan ada petunjuk untuk masuk ke menu BIOS. Kalau untuk Laptop Axioo untuk masuk ke menu Bios tekan F2 atau tekan Del bisa juga.)
step 3 Setelah berada di menu BIOS masuk kan CD Linuk yang kamu miliki..
setelah CD di masukan kamu ubah SATA MODE nya,untuk merubah SATA MODE masuk ke Menu yang bernama MAIN lalu di situ kamu akan menemukan SATA MODE dan rubah lah SATA MODE tersebut dari SATA MODE: IDE menjadi SATA MODE: AHCI.
step 4 -Setelah SATA MODE di ubah menjadi AHCI maka kamu keluar dari menu BIOS namun sebelum nya SAVE dulu perubahan nya. SAVE AND EXIT ..
step 5 -Setelah keluar dari menu BIOS maka akan terlihat Loading Linuk nya tunggu sebentar maka kamu akan Menemui di mana ada pilihan menu Nah di Antara pilihan tersebut maka akan ada Pilihan yang bernama LIVE CD untuk Linuk KliXs,kalau Ubuntu maka akan ada pilihan Try It Ubuntu..
step 6 -Kalau kamu memakai kaset linuk Klix maka pilih lah LIVE CD dan kalau kamu memakai Ubuntu pilih lah Try It Ubuntu !!
step 7-Setelah kamu memilih LIVE CD maka PC mu akan memulai membuat kernel,selama Proses pembuatan Kernel jangan memilih apa pun,biar kan sampai proses membuat kernel selesai ...
step 8 -Setelah membuat kernel selesai maka kamu akan mempunyai PC yang memiliki OS Linuk walau pun sifat OS nya sementara,karena kamu hanya memakai CD untuk menjalankan System Operasi nya..
Namun kalau kamu punya hati/tertarik untuk memakai OS linuk untuk jangka panjang maka pilih lah INSTAL TO HARDDISK pada dekstop sudah ada shortcut nya kalau kamu ingin menginstal nya..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More