Sabtu, 08 Oktober 2011

Cara Menghitung Kalender Masehi (kalender internasional)

Mungkin anda belum tahu bagaimana cara orang menghitung tahun sehinngga tahun sekarang jadi 2011 ?
Menurut salah seorang blogger dari Inggris tahun yang kita pakai sehari-hari sekarang mulai di hitung dari kelahiran Yesus Kristus atau Isa panggilan Yesus dalam umat islam.
Ketika Yesus lahir itu lah yang di jadikan pijakan sebagai tahun 1,sehingga kesimpulan nya Yesus itu telah ada 2011 yang lalu,karena sekarang kan tahun 2011.
Namun beda hal nya bagi umat islam dan yang lain nya mempunyai hitungan Tahun masing masing.
Islam memakai tahun yang berbeda yaitu tahun Hijriyah ,yang mereka gunakan untuk ibadah,termasuk tanggal atau bulannya.
Patokan kalender islam hijriyah adalah
Akhirnya, pada tahun 638 M (17 H), khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun dimana hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Penentuan awal patokan ini dilakukan setelah menghilangkan seluruh bulan-bulan tambahan (interkalasi) dalam periode 9 tahun. Tanggal 1 Muharam Tahun 1 Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622, dan tanggal ini bukan berarti tanggal hijrahnya Nabi Muhammad. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad terjadi bulan September 622. Dokumen tertua yang menggunakan sistem Kalender Hijriah adalah papirus di Mesir pada tahun 22 H, PERF 558.sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kalender_Hijriyah
Ada juga tahun lain nya seperti Tahun Imlek,dan lainnya.

Namun untuk internasional kita memakai tahun Masehi yaitu tahun yang patokan nya dari hari kelahiran Yesus Kristus ..
Di luar negeri/eropa di kenal istilah AC dan BC yang berarti :
AC (after Cristus) dan Bc (before Cristus) ..

Ada pertanyaan dari anggota sebuah Forum yang berkata kalau kalender masehi berpatokan dengan kelahiran Yesus kenapa Kristen tidak merayakan Natal pada tanggal 1 january ..
Untuk menjawab pertanyaan itu adalah begini.
Yesus Kristus lahir pada 25 Desember dan saat Yesus lahir ada seorang Majus dari Timur dan berkata "di manakah Dia,Raja orang Yahudi yang baru di lahirkan itu? Kami telah melihat bintang Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah dia" (Matius 2:2-3)
Nah,orang majus ini menyampaikan tentang kelahiran Yesus ke seluruh Dunia,tersebar lah kabar itu hingga memakan waktu 5 hari ,oleh sebab itu Sah nya 1 january di mulai saat kabar tersebut sampai ke seluruh dunia.
Namun tahukah anda ada negara yang sekarang ini (2011) di tempat mereka baru tahun 2009 ..
Saya lupa nama nya..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More