Rabu, 26 Oktober 2011

Cara Mengajari Anak Berdasarkan Umur Nya





Setiap orang tua pasti nya ingin yang terbaik untuk anak nya,namun tak banyak orang tua yang tak mengerti dengan anak nya..
Tidak mengerti anak nya dalam artian orang tua terlalu Egois kepada anak nya,ingat semakin anda bersikeras kepada anak anda maka anak anda akan menjadi keras juga kepada anda..
Tingkah anda kepada nya lah yang membangun karakter di dalam diri nya,apa bila anda mempunyai karakter sering main pukul kepada anak anda maka akan terbangun karakter di dalam diri anak anda karakter yang sedikit dikit main pukul..
Cara yang baik mendidik anak anda adalah dengan cara halus,buat lah diri anda mengenali sifat anak anda itu bagaimana,jangan beri ia pukulan berilah hukuman yang lain saja apa bila ia membuat kesalahan yang besar..
Pelajari sifat anak anda berdasarkan umur nya,agar anda tidak di tuding oleh anak anda sendiri sebagai orang tua yang egois..Berikut sifat sifat anak anak pada umum nya berdasar kan tingkat umur nya..

  • Saat Anak-Anak (SD)
Di saat usia anak anda masih di dalam masa anak anak,anak anda cenderung suka keluar rumah untuk bermain namun biasa nya dia hanya akan bermain di sekitar kompleks tempat anda tinggal saja.dalam hal ini secara tidak langsung anak anda telah belajar mengenal lingkungan sekitar nya..
Tips untuk memberikan pelajaran kepada anak anda saat usia anak anak adalah dengan mengatur jam bermain nya,misal saja saat jam pulang sekolah tidak boleh langsung bermain tapi pulang ke rumah dan istirahat terlebih dahulu,..Baru saat jam 3 kamu boleh bermain namun pulang nya jangan lewat dari jam 4:30 misal nya saja...
Yang di tekan kan pada anda agar jangan melarang dia untuk bermain,karena pada saat usia anak anak,anak anda cenderung suka bermain,kalau anda melarang nya maka ia akan memberontak atau mengatakan pada teman nya bahwa anda orang tua yang egois..
  • Saat Remaja (SMP)
Pada saat remaja seperti ini anak anda cenderung suka bermain sampai keluar kompleks lingkungan anda,anak anda cenderung mencoba hal hal yang baru,nah saat usia seperti ini pengawasan anda harus di perketat agar dia tidak mencoba sesuatu yang salah dan tak layak untuk di coba..Misal Minuman Beralkohol,narkoba,rokok..
Lebih baik jika saat usia nya ini anda yang membawa ia untuk mencoba hal hal baru jangan sampai anak anak bandel yang membawa anak anda mencoba hal hal baru,.
Beritahukan dia hal hal buruk yang terjadi apa bila ia mencoba hal hal yang tak layak,misal "Nak,kamu tahu tidak kalau merokok itu bisa membuat umur seseorang menjadi terkurang 10 tahun dari usia orang rata rata" di dalam kata kata itu ada pesan agar anak anda tidak mencoba rokok karena rokok dapat menyebabkan penyakit berbahaya yang dapat memperpendek umur..
Beri ia batasan untuk mencari teman,agar dia tidak berteman dengan anak anak bandel..
Saat usia remaja anak anda juga akan sering keluar malam,namun anda jangan melarang dia untuk keluar malam karena kalau anda tak menyalurkan keinginan nya maka pemberontakan lah yang akan terjadi,namun beri ia batasan untuk keluar malam dan beritahu kan apa hukuman nya apa bila ia berani melanggar peraturan itu,misal nya "nak kamu boleh keluar malam asal jangan lewat jam 8 kalau lewat kamu tidak boleh keluar malam selama 1 bulan,rugi dong kalau sampai tidak bisa keluar malam selama satu bulan,maka nya harus di turuti ya kalau kamu masih pengen keluar malam" 
Setiap apa yang di coba anak anda saat masa remaja itu lah yang akan ia rasakan apakah ia suka atau tidak dengan apa yang ia rasakan bila ia tidak suka pasti nya ia akan meninggal kan hal tersebut,oleh sebab itu anak anda harus di jaga ketat untuk tidak melakukan hal yang tidak baik,karena takut nya anak anda menyukai hal tersebut dan ia lakukan secara berulang ulang yang menimbulkan kebiasaan pada diri nya..
Kebiasaan itu lah yang akan ia bawa sampai ia ke tingkat selanjut nya (Masa SMA-Ia Menikah) jadi di saran kan anda untuk memberi dia pengetahuan terlebih dahulu tentang sesuatu yang tidak baik dan buat ia penasaran dengan sesuatu yang baik,.
  • Masa Pemuda pemudi (SMA-Kuliah)
Pada massa ini anak anda akan menikmati apa yang ia rasakan cocok dengan kepribadian nya.maka seperti saya tekan kan di atas masa smp sebagai penentu nya...
Apa bila anak anda waktu SMP pernah mencoba Balapan Liar lalu saat dia merasakan bahwa balapan liar itu mengasyikkan maka saat SMA ia akan cenderung mendalami tentang Balapan Liar,dari cara cara membuat motor nya menjadi cepat dan hal lain sebagai nya..
Maka kalau anak anda sudah terbiasa dengan hal buruk seperti itu maka susah untuk anda mengatur ulang kebiasaan nya..
Kalau anak anda saat masa SMA ini cenderung melakukan hal yang tidak baik maka anda berusaha lah untuk memberhentikan kebiasaan buruk nya tersebut dan coba perkenal kan dia dengan hal baru secara paksaan namun kenali dia dengan hal yang menyenang kan..

Saya rasa cukup sekian saja tips nya,agar anda bisa mendidik anak anda dengan baik tanpa melakukan kekerasan dan jadi lah orang tua yang pengertian namun tegas memberikan hal yang baik untuk nya..

Saya memang bukan seorang Bapak bapak namun saya baru berumur 17 tahun,tapi tips yang saya berikan kepada anda adalah tips berdasarkan fakta dan saya sendiri dan anak anak lain nya juga begitu..namun sebagian besar teman saya yang lain sampai saat ini ada yang menggeluti Balapan Liar,mabuk mabukan. itu mungkin karena orang tua mereka yang salah mengajari,,..
kalau saya sendiri sampai saat ini menyenangi komputer dan internet,saat waktu SMA seperti saat ini saya jarang melakukan hal yang lain,saya hanya cenderung belajar tentang komputer dan internet ...

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More